RPP Kelas 8 Untuk SMP/MTs Kurikulum 2013 Rivisi 2018


RPP Kelas  8 Untuk SMP/MTs Kurikulum 2013 Rivisi 2018

RPP Kelas  8 Untuk SMP/MTs Kurikulum 2013 Rivisi 2018

Download Perangkat Pembelajaran Kelas  8 Untuk SMP/MTs Kurikulum 2013
Rivisi 2018 Terintegrasi Literasi, PPK, 4C dan HOTS


Sebagai seorang guru wajib memiliki perangkat pembelajaran, yang dimaksud adalah pembelajaran sendiri dalam KBBI (2017:17), Perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang mungkin guru dan siswa melakukan kegiatan belajar. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran  di dalam kelas, laboratorium ataupun di luar kelas. dalam peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomer 65 tahun 2013 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran.
Perencanaan Pembelajaran dibuat dalam bentuk Silabus, RPP yang mengacu pada Standard Isi. dan kemudian melaksanakan pengajaran harus dilakukan penyediaan media dan alat peraga untuk memudahkan sisa melakukan pengajaran serta dapat menarik perhatian siswa dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas, perangkat penilaian penting juga untuk mengetahui keberhasilan siswa dan skenario pembelajaran.

Perangkat pembelajaran yang kami sediakan seperti:

1. Silabus

Silabus merupakan suatu rincian detai tentang rencana mengajar guru yang harus disusun dalam kelompok tema atau mata pelajaran tertentu. komponen dari silabus antara lain Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator Kompetensi, Materi Pembelajaran, Waktu, Penilaian, Dan Sumber Belajar yang digunakan. manfaat yang dapat dihasilkan dalam pembuatan suatu silabus adalah:

a. Bermanfaat sebagai hal yang utama sebagai sumber acuan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran
b. Pendidik lebih mudah memetakan ragam variasi pembelajaran yang akan di tuangkan dalam RPP
c. Pendidik lebih mudah dalam memetakan indikator pencapaian belajar yang harus dicapai siswa.
d. Pendidik lebih mudah dalam merancang bentuk penilaian dari setiap indikator yang mau dicapai.

2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

RPP adalah wajib dibuat setelah memiliki silabus serta kewajiban di pegang oleh guru sebelum masuk melaksanakan pembelajaran. RPP merupakan perangkat yang berisi prosedur  dan pengorganisasian pembelajaran mencakup satu atau beberapa kompetensi dasar. lingkup rencana pelaksanaan pembelajaran mencakup beberapa kompetensi dasar yang terdiri dari satu atau beberapa indikator untuk satu pertemuan. rencana pelaksanaan pembelajaran sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, Materi Ajar, Metode Pengajaran, Sumber Belajar, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian hasil belajar

3. Program Tahunan

Program Tahunan yaitu sebuah rencana untuk menetapkan waktu dalam satu tahun untuk mencapai tujuan SK dan KD yang telah ditetapkan. penetapan alokasi waktu diperlukan agar seluruh kompetensi dasar yang ada didalam sebuah kurikulum seluruhnya dapat dicapai oleh peserta didik.

4. Program Semester

Prosem pengajaran yang harus dicapai selama satu semester (6 bulan), selama periode ini diharapkan para siswa menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagai satu kesatuan utuh.

5. Jurnal Harian

Jurnal Harian adalah buku catatan harian pendidik jurnal ini sangat penting bagi guru untuk menjadi panduan mengajar dimana para pendidik dapat mengevaluasi dirinya apakah materi yang diberikan mudah dipahami dan apakah tercapainya atau apa yang menjadi kekurangan .

6. KKM ( Kriteria Ketuntasan Minimal )

Kriteria Ketuntasan Minimal adalah paling rendah untuk menyatakan siswa mencapai kriteria  ketuntasan. dalam menetapkan KKM harus mempertimbangkan tiga kriteria, yaitu, kompleksitas, daya dukung, dan intake siswa.

7. Pemetaan

Pemetaan KI KD sangat berguna untuk mencapai target pembelajaran
berikut di bawah ini kami sediakan link perangkat pembelajaran dapat di download secara gratis.
RPP Kelas  8 Untuk SMP/MTs Kurikulum 2013 Rivisi 2018


- RPP PAI Kelas 8 Revisi 2018 DOWNLOAD DISINI
- RPP Bahasa Indonesia Kelas 8 Revisi 2018 DOWNLOAD DISINI
- RPP Bahasa Inggris Kelas 8 Revisi 2018 DOWNLOAD DISINI
- RPP PKN Kelas 8 Revisi 2018 DOWNLOAD DISINI
- RPP IPA Kelas 8 Revisi 2018 DOWNLOAD DISINI
- RPP IPS Kelas 8 Revisi 2018 DOWNLOAD DISINI
- RPP PJOK Kelas 8 Revisi 2018 DOWNLOAD DISINI
- RPP Prakarya Kelas 8 Revisi 2018 DOWNLOAD DISINI

Untuk Perangkat Lebih Lengkat Silahkan Download Disini

Demikianlah,, perangkat pembelajaran yang anda butuhkan dan semoga bisa menjadi refrensi bapak ibu guru, Terimaksih


Related Posts

Subscribe Our Newsletter