MAMPAAT MANDI AIR DINGIN BAGI KESEHATAN TUBUH ANDA




MAMPAAT MANDI AIR DINGIN BAGI KESEHATAN TUBUH ANDA


Mandi air dingin kabarnya bisa meningkatkan metabolisme sekaligus membantu tubuh membakar lebih banyak lemak sepanjang hari. Ternyata ada landasan ilmiah untuk penyataan ini “ Mandi air panas sangat bagus untuk mengendurkan otot dan membersihkan sinus, tetapi tidak membantu bagi metabolisme anda” , kata gastroenterologi dan internis , Niket Sonpal , MD, dan Dokter keluarga dan herbalis Aviva Romm, MD, Seperti dilansir laman MSN, kemarin.

‘’ Setelah makan, cobalah untuk menunggu setidaknya satu jam sebelum menuju kekamar mandi , seperti berenang, mandi bisa memperlambat pencernaan kerena darah mengalir kebagian lain dari tubuh” Jelas Sonpal.


“ Sebainya mandi air dingin, bisa membuat tubuh mengatur suhu tubuh  “ Tambah Sonpal. Ketika anda kedinginan , tubuh anada akan menggigil untuk menghangatkan diri , yang membutuhan energi ( Alias membakar kalori )  “ Peningkatan metabolisme seperti itu adalah salah satu mampaat mandi air dingin, yang bisa membantu pengaturan berat badan “ , Pungkas Dr . Sonpal.
Mandi air dingin dengan capat bisa menyegarkan dan memberi metabolisme pada tubuh anda dengan cepat .

Kemudian mandi air dingin usai olahraga yang berat kan akan membantu dalam proses pembentukan otot . Salah satu mampaat yang paling  mrnguntungkan dari mandi air dingin adalah mengatasi rasa lelah, kedua riset menemukan paparan air dingin dapat meningkatkan aliran darah ke jantung dan meningkatkan denyut jantung.
Kemudian diantara mampaat air dingin yang lain antara lain :

1.     Meningkatkan Kewaspadaan.

Diguyur air dingin bahkan sebelum ayam berkokok mungkin adalah hal terakhir yang diinginkan oleh banyak orang. Tapi tarikan napas saat kita terkaget kaget karena menggigil kedinginan sebenarnya justru membukka pernapasan dan meningkatkan asupan oksigen keseluruh tubuh, yang pada akhirnya meningkatkan detak jantung dan memperlancar aliran darah sehingga menjaga kita tetmdian memberikan ita tendangan energi untuk mulai beraktivitas.

2.     Menghaluskan Rambut dan Kulit

Mandi air dingin salah satu cara untuk menjaga keshatan rambut dan kulit . Air panas yang bersifat melucuti minyak alami dan mengeringankan kulit. Sementara itu air dingin justru mengencangkan kutikula rambut dan kulitlewat pengerutan pembuluh darah sementara selagi tubuh bereaksi terhadap perubahan suhu. Kutikula dan dan pori kulit yang mengencang akan mencegah kotoran dan elemen berbahaya lainnya yang menyumbat pori - pori kulit dan kepala.

3.     Meningkatkan kekebaalan Tubuh dan Sirkulasi Darah.

Kaget yang kita rasakan dari guyuran air dingin pertam kali dapat memicu jantung agar lebih efisien memompa darah keseluruh tubuh, yang kemudian bisa mempromosikan keshatan yang lebih baik termasuk kesehatan kulit dan hati dan dapat juga menurunkan tekanan darah.

4.     Menurunkan Berat Badan

Mandi air dingin dapat membantu program penurunan berat badan anda dengan cara yang terduga. Tubuh manusia mengandung dua lemak, lemak putih dan lemak colat. Lemak putih adalah penumpukan lemak dipinggang, perut dan leher yang terjadi ketia kita mengkonsumsi lebih banyak kalori dari pada tubuh kita perlukan berfungsi. dan kita tidak membakar lemak putih untuk tubuh kita untuk energi.Sementara lemak coklat adalah lemak yang baik untuk kita gunakan untu menghasilkan panas demi menjaga tubuh kita hangat, dan dibakar ketika tubuh kita terkena dingin yang ekstrim

5.     Mempercepat pemulihan nyeri otot dan Pegal Linu.

Mandi air dingin sangat efektif dalam mengurangi nyeri otot yang gejalanya muncul trelambat, misalnya beberapa hari setelah anda nge-gym itu karena air dingin memiliki sifat regeneratif yang dapat membantu menenangkan nyeri otot selasai sesi latihan yang melelahan.

6.     Meringankan Stress

Membiarkan tubuh diguyur air dingin tanpa basa basi dapat membantu mempromosikan peningkatan toleransi tubuh terhadap stres , secara fisik dan mental.

7.     Membantu mengelola Depresi

Walau uji coba yang menggunakan mandi air dingin sebagai terapi pengobatan depresi belum pernah dilakukan, tetapi paparan berulang terhadap air dingin telah terbukti mengurangi  gejala depresi aibat dampa intens yang diterima reseptor dingin dikulit , yang mengirim banyak inpuls listrik dari ujung saraf perifer ke otak. Hal ini menghasilkan efek antidepresif , dan meningatan suasana hati, membuat anda jadi lebih bersemangat menjalani hari.


Related Posts

Subscribe Our Newsletter