Sering Naik Ojek Bisa Picu Kanker Paru.



SERING NAIK OJEK BISA PICU KANKER PARU-PARU.?


Merokok merupakan faktor resiko utama yang bisa memicu anker paru-paru , namun tak merokok tak menjamin bebas kanker paru-paru..Polusi udara turut berkontribusi atas kemunculan kanker . Untuk anda yang sering  mengendarai motor sebaiknya berhati-hati.
Masyarakat Indonesia berduka dan kembali disadarkan akan bahaya ketia kanker paruetia kepala pusat Data Informasi dan Humas ( Kapusdatin) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho meninggal dunia pada hari minggu silam. Lewat berbagai wawancara , ia mengaku seumur hidupnya tak pernah merokok.
Fakta tersbutpun membuat banyak orang tercengang . Tak pernah merokok seumur hidupnya , ko bisa terkenaa kanker paru-paru.?
Dikatan dr.Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, merokoadalah faktor resiko utama kanker paru-paru.
Sekitar 80 persen asus anker paru-paru berhubungan dengan kebiasaan tersebut “ ungkap dr.SeprianiTimurtini Limbong , meski begitu tidak merokok buan berarti jaminan bebas dari ancaman kanker paru-paru. Fakta menunjukkan bahwa kanker paru-paru bisa terjadi pada buan peroko seperti yang terjadi pada mendiang Pa Sutopo Purwo Nugroho.. Bahkan dr.Sepriani Timurtini Limbong mengatakan bahwa di Ameria Serikat , sekitar 20 persen pasien kanker paru-paru mengaku tak pernah merokok seumur hidupnya.
Nyatanya menurut dr.Sepriani  ada beberapa  faktor resiko lainnya yang dapat memicu terjadinya kanker paru –paru selain roko yaitu :
Pertama – Peroko pasif yang ternyata memiliki resiko sama besarnya dengan peroko aktif, sekitar 7000 perokok pasif meninggal dunia karena kanker paru-paru.
Kedua – Paparan radon yang telah ditetapkan sebagai arsinogen pernapasan. Radon adalah gas radioaktif yang produksi secara alami etika uranium, torium, dan radiumterurai ditanah, bebatuan dan air. Meski begitu zat ini baru bisa jadi bahaya jia dihirup dalam jngk panjang.

Ketiga – Polusi udara yang tercemar oleh berbagai zat polutan seperti nirit oksida  juga meningatkan resiko kanker paru-paru. Badan Kesehatan Udara (WHO) sudah menetapkan polusi udara sebagai karsinogen

Keempat – Uap masakan , peneliti dicina menunjukkan , wanita buan peroko yang kerap memasak menggunakan kayu atau arang sebagai bahan bakar pada suhu tinggi beresiko mengalami kanker paru-paru tipe adenokarsinoma.

Kelima – Paparan asbes ,, misalnya para pekerja dipertambangan . Asbestos memang sudah terbukti  menyababan karker paru-paru.        

Related Posts

Subscribe Our Newsletter