Aplikasi Raport SMP Kelas 7 8 9 Terbaru 2019/2020


Aplikasi Raport SMP Kelas 7 8 9 Terbaru 2019/2020


Aplikasi Raport SMP Kelas 7 8 9 Terbaru 2019/2020


Menurut Permendikbud Nomor 23 Thaun 2016 tentang Standar Penilaian. Bahwa penilaian adalah sebuah proses pengumpulan data dan peneglolaan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar siswa dalam beberapa evaluasi. Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan dalam bentuk ulangan pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan. Selanjutnya dinyatakan bahwa penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk

a. mengukur dan mengetahui pencapaian kompetensi siswa
b. memperbaiki proses pembelajaran dan
c. menyusun laporan kemajuan hasil belajar harian, tenggah semester, akhir, akhir tahun, dan/atau kenaikan kelas.

Menurut pedoman Penilaian SMP tahun pelajaran 2019/2020. Penilaian hasil oleh pendidik penilaian terdiri dari pelaksanaan penilaian harian (PH) dan penilaian MID semester. Yang disebut dengan penialain hasil belajar siswa oleh satuan pendidikan atau sekolah dalam bentuk penilaian akhir semester, penilaian akhir tahun dan ujian sekolah.

1. Bentuk Penilaian Oleh Pendidik

Penilaian hasil belajar oleh pendidik terdiri dari pelaksanaan Penilaian Harian dan penialain akhir mid smester.

a. Penilaian Harian
Dalam penialain harian ini dilaksanakn setelah rangkaian kegiatan pemebelajaran berlangsung sebagaimana di rencanakan dalam RPP
b. Penialain Mid Semester
Penilaian Mid Semester adalah kegiatan penialain yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi dasar mata pelajaran setelah pembelajaran berlangsung 8-9 minggu. cakupan PTS meliputi selurh KD pada periode tersebut.

2. Bentuk Penilaian Oleh Satuan Pendidikan

Penilaian hasil belajar peserta didik oleh sekolah dilakukan dalam bentuk penilaian akhir semester, penialaian akhir tahun, dan ujian sekolah

a. Pneilaian akhir Semester
Penilaian akhir semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa di akhir semester gasal. Cakupan penilaian terdiri darisemua indikator yang merepresentasikan semua KD pada semester tersebut.

Hasil penilian akhir semester selanjutnya diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa. hasil dari sebuah penialain dapat dipergunakan auatu dimanfaatkan untuk program remedial, pengayaan, dan pengisian rapor.

b. Penialain Akhir Tahun
Penilaian akhir tahun (PAT) merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa semester genap. Beberapa penialain meliputi seluruh indikator, yang merepresentasikan KD pada semester genap saja, atau bisa merepresentasikan KD dalam kurun waktu satu tahun pelajaran ( mecakup KD pada smester 1 dan 2 semester)

 3. Ujian Sekolah

Pada ujian sekolah baik akhir semester maupun akhir tahun pelajaran merupakan kegiatan yang di lakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa sebagain pengakuan terhadap presentasi belajar dan penyelesaian diri dari satuan pendidikan. Mata pelajaran ayng diujikan adalah semua mata pelajaran yang di ajarkan pada satuan pendidikan tersebut. Beberap mapel ayng diuji, ujian sekolah diselengarakan dalam bentuk ujian tulis dan ujian praktek, namun beberap mata pelajran yang lain dilaksanakan dengan ujian tertulis atau praktek saja. Prosedur pengunaan aplikasi ini dan pelaksanaan secara keseluruhan diatur dalam POS Ujian sekolah yang disusun oleh satuan pendidikan.

Hasil analisa ujian sekolah akan dipergunakan pendidik dan satuan pendidikan untuk perbaikan proses pemeblajaran secara keseluruhan pada tahun pelejaran berikutnya. Hasil ujian sekolah dilaporkan satuan pendidikan kepada orang tua siswa dalam bentuk surat keterangan hasil ujian (SKHU). Hasila ujian sekolah digunkan sebagain salah satu pertimbangan kelulusan siswa dari satuan pendidikan. APlikasi rapor ini dapat di download secara gratis pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini.

Aplikasi  Raport SMP ksl 7 8 9 2019 Download Disini

Demikianlah Aplikasi Raport SMP semua kelas Revisi 2018 yang bisa anda Download secara gratis, semoga artikel sederhana ini bisa membantu bapak ibu guru. Terimakasih

Related Posts

Subscribe Our Newsletter